fbpx

Manfaat Mengikuti OSIS, Bisa Mengenal Lebih Banyak Orang

By

Selain aktif di Organisasi Pramuka, Saya juga aktif di Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK Pasundan 1 Garut. Aktif di 2 Organisasi sekaligus cukup menyita waktu, karena jika ada kegiatan organisasi sangat sering sekali mengajukan Surat Dispensasi tidak masuk kelas.

Mengikuti OSIS sejak kelas 1 SMK semester II, berniat mencari tantangan baru dan menambah wawasan seputar Organisasi.

Aktif di OSIS bisa terbilang sibuk apalagi mempunyai jabatan yang sangat sentral, banyak kegiatan yang harus diikuti baik didalam Sekolah ataupun diluar sekolah. Ketika kita masuk kedalam Organisasi, maka kita harus dituntut bertanggung jawab melaksanakan tugas sesuai jabatan yang dipegang.

OSIS merupakan induk Organisasi di Sekolah, bisa dibilang Organisasi paling tinggi disekolah sehingga Ekstrakulikuler lain berada dalam pengawasan OSIS. Selain itu OSIS juga bisa menjadi tempat menampung aspirasi para siswa terhadap sekolah, para siswa bisa menyampaikan aspirasinya ke OSIS dan nanti OSIS yang akan melanjutkannya kepada pihak sekolah.

OSIS menjalankan tugas berdasarkan Program Kerja yang sudah dibuat dalam AD/ART. Sehingga kegiatan – kegiatan yang akan dilaksanakan dalam 1 periode jabatan sudah tersusun, adapun jika ada kegiatan tambahan maka akan dirapatkan pada kumpulan rutin. Kumpulan OSIS biasa dilakukan paling sedikit 1 minggu 1 kali, biasanya membahas program kerja yang akan dilaksanakan.

MANFAAT MENGIKUTI ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari mengikuti OSIS, di antaranya :

  1. Bertambahnya Teman

Tidak bisa dipungkiri, dengan mengikuti OSIS relasi teman kita akan bertambah dan akan lebih dikenal oleh guru – guru karena lebih aktif di organisasi. Selain itu relasi teman dari Organisasi luar sekolah juga akan bertambah.

Saya aktif di OSIS SMK Pasundan hampir 2 tahun, dalam kurun waktu itu sudah banyak orang – orang hebat yang pernah saya temui baik ketika kegiatan atau pun sekedar berbincang, seperti pada acara ESQ 165 yang diadakan di Polres Garut, Saya bertemu langsung dengan Bpk. Kapolres Garut dan bisa bersalaman secara langsung.

  • KOMPEGA

Selain itu banyak tokoh – tokoh mahasiwa yang saya kenal dari mengikuti kegiatan OSIS, Seperti Ketua KAMMI GARUT Kang Dian Eldo Nugraha yang kini sudah lulus dari Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP).

Saya kenal beliau dari sekolah kemudian lanjut ke Organisasi, hingga sering berkolaborasi dalam beberapa kegiatan organisasi seperti dalam Komunitas Pendidikan Garut (KOMPEGA), didalam Kompega banyak sekali kegiatan yang sudah dilaksanakan seperti 1 Jam Mengajar, Kompega Goest To School, dan masih banyak kegiatan lainnya. Akan tetapi ada 1 kegiatan yang Saya ingat sampai saat ini yakni Milad Kompega yang ke – 3 dimana Saya ditunjuk secara langsung oleh beliau untuk menjadi Ketua Pelaksana dalam kegiatan tersebut.

Tak cuma itu, Saya juga kenal dengan Presiden Mahasiswa STKIP Garut dan beberapa Anggota BEMnya karena aktif di OSIS. Sebuah relasi yang bermanfaat karena bisa kenal dengan Orang – Orang hebat.

  • IPO

Ketika aktif di OSIS Saya juga terpilih sebagai anggota IPO Garut. IPO atau Ikatan Pengurus OSIS Kabupaten Garut merupakan sebuah wadah berkumpulnya Anggota OSIS di setiap sekolah yang ada di Garut.

Bahkan Saya juga dulu bisa dibilang ikut sebagai salah satu perintis IPO Garut, karena pada waktu itu IPO belum secara resmi ada walaupun pada tahun – tahun sebelumnya sudah ada dari beberapa sekolah yang membuat Organisasi IPO akan tetapi tidak bertahan lama.

Terbentuknya Organisasi IPO berawal dari sebuah seminar yang diadakan di Rumah Dinas Wakil Bupati, yang dihadiri langsung oleh istri dari Wakil bupati. Pembahasan pada seminar terkait tentang Hari Valentine, kebetulan yang di undang pada seminar itu rata – rata pengurus OSIS, sehingga setelah selesai acara para peserta berdiskusi sebentar terkait pembentukan Organisasi IPO Garut, disanalah awal mula kembalinya IPO Garut hingga berjaya sampai saat ini.

Untuk bisa menjadi anggota IPO tidaklah mudah, karena tiap sekolah hanya dibatas 2 – 3 orang saja sebagai perwakilan. Rata – rata perwakilan yang mengikuti IPO adalah ketua OSIS atau jabatan yang penting seperti bendahara dan Sekretaris.

Terpilih sebagai anggota IPO terbilang cukup spesial karena untuk bisa menjadi anggota tidak sembarang Orang, hanya perwakilan sekolah saja yang bisa masuk menjadi Anggotanya. Dulu jabatan Saya di IPO Garut sebagai anggota Departemen Olahraga.

Bersyukur sekali ketika bisa bergabung dengan IPO Garut, karena dengan masuk kesana Saya bisa mengenal lebih banyak orang termasuk orang – orang hebat yang menjabat sebagai ketua OSIS di sekolahnya.

2. Bisa Mengikuti Kegiatan Secara Gratis

Salah satu manfaat yang Saya rasakan ketika menjadi Anggota OSIS, banyak sekali kegiatan – kegiatan yang bermanfaat dan tentu saja Gratis.

Gratis disini bisa dari pihak sekolah yang menanggung atau dari yang menggadakan kegiatan, yang jelas Saya tidak mengeluarkan uang untuk beberapa kegiatan tersebut.

Salah satu kegiatan seminar gratis yang pernah saya datangi adalah ESQ 165, setelah saya cari digoogle untuk biaya mengikuti seminar ESQ 165 yang dipimpin oleh Bpk. Ary Ginanjar tiket masuknya lumayan besar, Akan tetapi Saya bisa mengikuti kegiatan tersebut secara gratis sebagai perwakilan dari sekolah.

Bahkan untuk Ongkos berangkat ke tempat tujuan dan pulang sudah ditanggung oleh pihak Sekolah, Saya hanya datang dan menyimak materi yang ada tanpa harus memikirkan biaya pendaftaran dan Ongkos, itulah salah satu manfaat menjadi anggota OSIS.

Selain itu Saya juga pernah menjadi perwakilan Sekolah untuk mengikuti pelatihan Dakwah di Universitas Pasundan Bandung selama 3 hari, semua biaya perjalanan sudah di tanggung oleh pihak sekolah dan masih banyak kegiatan besar lainnya yang pernah Saya ikuti selama menjadi pengurus OSIS di SMK Pasundan 1 Garut.

Manfaat lain yang Saya rasakan ketika menjadi Anggota OSIS adalah lebih dekat dengan kepala Sekolah dan Guru – Guru, karena hampir setiap kegiatan harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari Kesiswaan dan Kepala Sekolah.

EFEK MENGIKUTI OSIS

Akan tetapi mengikuti OSIS juga terdapat efek negatifnya, walaupun efeknya hanya sedikit. Dampak negatif yang Saya rasakan ketika mengikuti OSIS adalah sering Dispensasi tidak mengikuti belajar.

Ijin dispensasi biasanya pas ada kegiatan –  kegiatan diluar sekolah, akan tetapi jika terlalu sering dispensasi seperti Saya efeknya akan terasa signifikan terhadap nilai. Tidak bisa dipungkiri, nilai saya ketika kelas 3 cukup turun setelah aktif di OSIS, PRAMUKA DAN IPO. Penurunan nilai akibat beberapa kali tidak mengikuti mata pelajaran sehingga materi yang di ajarkan tertinggal.

Mungkin efek negatif dari mengikuti OSIS adalah penurunan terhadap nilai, akan tetapi dibalik itu terdapat banyak manfaat yang dirasakan seperti lebih mandiri, bertambahnya pengalaman tentang organisasi dan kerja sama tim.

Sangat disarankan untuk teman – teman semua yang masih bersekolah untuk mengikuti Organisasi seperti OSIS, Pramuka dan yang lainnya, akan tetapi perlu diingat untuk tetap bisa membagi waktunya antara belajar dan berorganisasi. Karena pada dasarnya tujuan bersekolah adalah untuk belajar dan organisasi hanyalah sebagai tambahan kegiatan

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: