4 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar Dengan Alasan yang Sopan

Pada artikel kali ini Saya akan membagikan 4 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik Dan Benar Dengan Alasan Yang Sopan – Salah satu alasan banyak yang mencari Contoh Surat Resign adalah ketidak tahuan dalam membuat format surat yang baik. Karena untuk keluar dari bidang pekerjaan kita harus mengajukan secara formal dan itu bisa dilakukan dengan membuat surat keluar.

Banyak alasan yang melatar belakangi seseorang sehingga memutuskan untuk berhenti bekerja, salah satunya adalah lingkungan kerja atau mungkin sudah merasa bosan dengan pekerjaan itu dan ingin mencari sesuatu yang baru.

Itu merupakan suatu hal yang wajar ketika seseorang bekerja di perusahaan, masuk dan keluar kerja untuk mencari pekerjaan yang pas. Untuk itu banyak yang memutuskan untuk menjadi pengusaha ketika sudah keluar bekerja atau menjadi digital marketer.

Dengan demikian membuat Surat keluar kerja di pabrik atau sebagainya merupakan sebuah alasan yang sopan, karena menggunakan media resmi untuk pamitan tidak akan bekerja lagi selamanya.

Pengertian Surat Pengunduran Kerja

contoh surat pengunduran diri kerja
romadecade.org

Sebelum membahas lebih jauh anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu surat pengunduran diri.

Surat merupakan suatu alat komunikasi untuk menyampaikan informasi berupa pesan kepada pihak lain baik organisasi, dinas atau perseorangan dengan menggunakan media kertas yang ditulis atau diketik yang bersifat formal.

Jadi Surat Pengunduran Diri Kerja adalah surat yang memberitahukan bahwa seseorang sudah tidak bekerja pada perusahaan tertentu dimana ia bekerja.

Surat Resign menjadi salah satu alat untuk keluar sopan, karena surat sudah di akui secara formal oleh semua perusahaan.

Namun demikian, untuk memmbuat surat keluar kerja harus memperhatikan beberapa aspek sehingga surat yang ditulis mempunyai tujuan jelas.

Cara Menulis Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

contoh surat pengunduran diri kerja
romadecade.org

Untuk penulisan Surat pengunduran diri yang baik harus memperhatikan beberapa aspek penting, seperti bagian – bagian surat.

Bagian-bagian surat terdiri dari :

  1. Kepala Surat
  2. Tempat dan Tanggal Surat
  3. Nomor, Lampiran dan Hal Surat
  4. Alamat Surat
  5. Salam Pembuka dan Salam Penutup
  6. Penutup surat

Akan tetapi ketika ingin memulai menulis Surat anda harus menentukan terlebih dahulu bentuk surat yang ingin dipakai, rata – rata pada Surat pengunduran kerja menggunakan bentuk Full Block Style dan Semi Block Style. Kedua bentuk surat ini yang sangat sering digunakan untuk membuat surat pengunduran yang baik dan benar.

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri

  • Tujuan Pengunduran diri surat – ketika membuat surat resign harus jelas tujuan keluar dari perusahaan tersebut.
  • Alasan Pengunduran diri – dalam alasan dibuat secara singkat dan jelas jangan bertele – tele. Seperti : Melanjutkan Kuliah
  • Mengucapkan Terima Kasih – Jangan lupa ucapkan terima kasih karena pengalaman kerja di perusahaan tersebut dan kepada pimpinan atau rekan kerja.
  • Waktu dan Mulai Resign  – Jelaskan sejak kapan mulai berhenti bekerja di perusahaan tersebut, beri jangka waktu dari mulai pengajuan surat pengunduran diri kerja hingga waktu keluar kerja minimal 2 minggu, seperti : Pengajuan surat keluar tanggal 2 Agustus 2019, di surat dicantumkan keluar tanggal 14 agustus 2019.

Etika Menulis Surat yang Baik Dalam Surat Resign

contoh surat pengunduran diri kerja
rumah.com

Dalam menulis Surat Resign juga harus memerhatikan beberapa etika yang sangat penting, seperti :

  1. Dilarang menyingkat tulisan pada surat terkecuali Jln. dan Yth., selain kata itu dilarang disingkat seperti Yang menjadi yg,  karena surat bersifat resmi sehingga kata yang di singkat harus dihindari.
  2. Untuk Surat Pengunduran Kerja sebaiknya ditulis tangan karena terlihat lebih sopan
  3. Dilarang ada coretan didalam surat atau Tip X,

Ketiga hal tersebut yang perlu dihindari ketika dalam membuat surat apapun, selain menjaga ke formal surat juga menjaga identitas penulisan surat.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

contoh surat pengunduran diri kerja
printerous

Untuk anda yang ingin keluar kerja dan bingung bagaimana contoh surat pengunduran yang baik dan benar beserta alasan yang sopan, anda bisa lihat contoh – contoh surat resign dibawah ini :

Contoh format surat pengunduran diri bentuk Full Block Style

                                                                                                                  Tgl, Bulan, Tahun
Kepada Yth.
Nama lengkap pimpinan (Bpk/Ibu)
Nama Pabrik / Perusahaan
Alamat & Kode Pos
Tempat

Dengan Hormat, (Sebagai salam pembuka)

Paragraf awal menjelaskan bahwa anda akan resign dari perusahaan tersebut secara singkat akan tetapi jelas.

Paragraf kedua berisi identitas pekerja yang mengajukan keluar

Nama :
Departemen :
Jabatan :
No Karyawan :

Paragraf ketiga bisa berisi sejak tanggal berapa anda akan berhenti bekerja dari perusahaan tersebut.

paragraf terakhir berisi kalimat terimakasih atas kerjasama dengan perusahaan, pimpinan dan rekan - rekan kerja.

Salam penutup
Tanda tangan
Nama jelas
  1. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Karena Sakit / Kesehatan

Jika anda mengalami sakit yang parah atau sudah tidak memungkinkan untuk bekerja, mungkin contoh Surat Pengunduran Diri Karena Sakit ini bisa ditiru untuk mengajukan resign.

Garut, 10 November 2019
Yth.
Kepala Bagian Personalia
PT. Cendra Asih

Dengan Hormat,
Sesuai Surat Kesepakatan Bersama (SKB) PT. Cendra Asih tentang karyawan dan undang – undang ketenagakerjaan, maka yang bertanda tangan di bawah ini Saya :

Nama : Asep Saepulloh
NIK : 18099081
Jabatan : Operator Produksi

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Cendra Asih dikarenakan penyakit Asma yang Saya derita. Surat ini dibuat dengan prosedur hubungan kerja tanpa tuntutan dari pihak mana pun.

Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi Saya, serta memberikan hak – hak Saya sebagai karyawan sebagaimana tercantum dalam Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).
Demikian surat pengunduran diri ini dibuat dengan sebenarnya. Atas perhatian serta dukungan yang telah diberikan perusahaan selama ini, Saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Asep Saepulloh

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Bentuk Full Block Style

Full Block Style merupakan salah satu bentuk surat, bagi anda yang butuh referensi untuk contoh surat pengunduran diri bentuk full block style bisa lihat surat di bawah

Bandung, 20 Desember 2019

Kepada Yth.
HRD RS. Dr. Slamet Bandung
Di tempat

Dengan Hormat

Bersama surat ini Saya mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan RS. Dr. Slamet Bandung terhitung sejak tanggal 25 Desember 2019.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk belajar dan bekerja di RS. Dr. Slamet Bandung sebagai suatu perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan selama lebih dari 1 tahun ini.

Tak lupa Saya ucapkan permohonan maaf kepada seluruh karyawan serta jajaran manajemen RS. Dr. Slamet Bandung apabila terdapat hal – hal yang tidak baik yang telah Saya lakukan selama bekerja di Rumah Sakit ini.

Saya berharap dan berdoa agar Rumah Sakit ini semakin baik dalam mengelola pasien sehingga terus maju dan sukses.

Hormat Saya.

Anton Buni

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Simple

Berikut adalah salah satu contoh surat pengunduran diri yang sederhana akan tetapi maknanya tetap ada dan isinya masih sopan

Garut, 20 Agustus 2019

Kepada Yth.
Hrd Manager
PT. ABC Maju Mundur
Jl. Cendrawasih Kota Kulon 44151
Garut

Dengan Hormat,

Melalui surat ini Saya Amas Maspurna bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. ABC Maju Mundur sebagai Staff Administrasi, terhitung sejak tanggal 25 Agustus 2019.

Saya ucap kan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada Saya untuk bekerja di PT. ABC Maju Mundur. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. ABC Maju Mundur apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap selalu PT. ABC Maju Mundur dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,

 

Amas Maspurna

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Karena Tidak Sanggup Melakukan Pekerjaan

Contoh surat pengunduran diri kerja karena seseorang yang sudah tidak sanggup dalam menjalankan pekerjaannya bisa dilihat di artikel di bawah.

                               Bandung, 20 September 2019
Kepada Yth. Pimpinan PT. Prima Jaya
Jl. Begawan Raya No. 11
Sukoharjo

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Sandi Nugraha
Jabatan : Staff Marketing Eksekutif

Dengan ini Saya bermaksud mengajukan pengunduran diri sebagai Karyawan dari PT. Prima Jaya, terhitung mulai tanggal 25 September 2019. Adapun alasannya, dikarenakan ketidak mampu  Saya dalam memenuhi tugas pokok dan fungsi sebagai Staff Marketing.

Surat ini Saya buat sesuai prosedur industri dan tanpa ada motivasi negatif. Saya juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada Saya, serta mohon maaf pada segenap jajaran manajemen dan karyawan jika terdapat kesalahan yang Saya perbuat selama bekerja di perusahaan.

Saya berharap, perusahaan yang Bapak pimpin terus maju dan berkembang lebih baik. Terima kasih.

Hormat Saya

Sandi Nugraha

Kesimpulan :

Ketika ingin memberikan Surat Resign alangkah baiknya melihat momen yang pas, supaya Surat Pengunduran diri kita di terima dengan baik oleh atasan.

Jangan lupa ketika memberikan Surat kepada atasan harus dengan sopan dan memberikan alasan yang baik sehingga ketika anda keluar mempunyai etika yang bagus.

Surat pengunduran diri merupakan sebuah alat yang formal ketika ingin mengajukan berhenti bekerja, oleh sebab itu penulisan surat resign harus dengan baik dan benar beserta alasan yang logis.

Dan juga untuk penulisan surat pengunduran diri lebih baik di tulis langsung menggunakan tangan dari pada diketik, karena akan terlihat lebih sopan.

Terima kasih telah berkunjung ke Cluads.com dan telah membaca 4 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik Dan Benar Dengan Alasan Yang Sopan.

Leave a Comment

%d bloggers like this: