Pentingnya Investasi Sejak Muda Untuk Masa Depan Yang Ceria

By

Investasi sejak muda sangat penting sekali untuk persiapan dimasa depan nanti.

Banyak sekali jenis – jenis investasi yang bisa dicoba saat ini, bahkan oleh kalangan sekelas mahasiswa yang belum mempunyai pekerjaan tetap.

Di artikel kali ini Saya akan berbagi tempat berinvestasi untuk anak muda bahkan untuk sekelas mahasiswa berdasarkan pengalaman pribadi. Walaupun sebenarnya Saya bermain investasi ini belum terlalu lama, tapi tidak ada salahnya untuk anda coba.

Pengertian Investasi

Investasi merupakan penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan dalam jangka waktu yang lama dengan harapan memperoleh keuntungan di masa depan nanti.

Tapi masih sedikit sekali anak muda yang melakukan investasi untuk masa depan, mungkin karena kurangnya info atau apa. Padahal pemerintah sudah mencanangkan #YukNabungSaham, karena banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh nanti di masa depan.

Perbedaan Investasi & Menabung

Perlu diketahui juga bahwa investasi dan menabung itu sangat berbeda.

Jika menabung itu hanya menyimpan uang, tanpa ada harapan keuntungan.

Seperti menyimpan uang hari ini di lemari sebesar Rp. 100.000.000,-, kemudian 10 tahun kemudian uang itu di ambil. Jumlah uang yang kita simpan pada lemari akan tetap ketika nanti di ambil bahkan akan mengalami penurunan nilai tukar.

karena Rp. 1.000,- saat ini akan berbeda dengan Rp. 1.000,- di masa depan.

Uang Rp. 1.000,- saat ini masih bisa membeli gorengan 2 buah akan tetapi jika digunakan 1o tahun kemudian belum tentu bisa, itulah yang dinamakan penurunan nilai tukar.

Berbeda dengan Investasi, hari ini kita menyimpan uang Rp. 100.000.000,-, kemudian kita akan ambil pada 10 tahun kedepan. Jumlah uangnya akan bertambah karena sudah ada keutungan. Kita ambil contoh investasi tanah, hari ini kita beli 1 tumbak tanah Rp. 100.000.000,- kemudian dijual 10 tahun kemudian dengan harga Rp. 200.000.000,-, otomatis kita akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual.

Itulah sebabnya Investasi sangat Saya rekomendasikan untuk anak muda.

Macam – Macam Investasi

  1. Deposito

Jenis Investasi yang pertama adalah deposito, bisa dibilang ini merupakan jenis investasi paling aman dan sangat minim resiko.

Akan tetapi keuntungan yang didapat dari investasi deposito terbilang sedikit karena sebanding dengan resikonya yang sangat rendah.

Untuk investasi deposito terbilang cukup mudah, karena prinsipnya hampir sama dengan menabung hanya saja dalam deposito mendapatkan keuntungan. Untuk bisa berinvestasi kita hanya menyimpan uang di bank dengan jangka waktu yang telah ditetapkang (Misal 10 tahun dengan keuntungan 4% pertahun), apabila uang yang disimpan dideposit kita ambil sebelum jangka waktu yang telah ditetapkan maka akan terkena penalti, untuk itu kita harus menunggu jangka waktu yang telah ditetapka untuk bisa mengambilnya.

2. Reksadana

Investasi ini pernah Saya jalani beberapa bulan lalu, walaupun belum lama investasi Reksadana akan tetapi saya akan berbagi pengalaman hingga tips untuk bisa mengatur keuangan supaya bisa berinvestasi.

Jenis investasi yang Saya pilih saat ini adalah Reksadana Syariah, untuk bisa berinvestasi reksada syariah tidaklah terlalu ribet bahkan melalui HP sekalipun juga bisa.

Karena kebanyakan orang mengetahui bahwa untuk berinvestasi Reksadana harus melalui bank, akan tetapi di era digital ini bisa dibilang lebih mudah karena bisa melalui online.

Untuk registasinya secacara Online Anda hanya perlu mendownload aplikanya melalui playstore, kemudian registrasi.

proses biasanya memerlukan waktu minimal 1 hari kerja. persyaratan pendaftarannya seperti biasa KTP, Foto, TTD, Npwp jika ada.

Biaya awal untuk Investasi Reksadana Online terbilang murah cukup dengan Rp. 100.000, setelah itu anda bebas berapapun dengan minimal Rp. 10.000,-.

Itulah kenapa investasi ini sangat cocok untuk kalangan anak muda, karena hanya dengan Rp. 10.000,- sudah bisa berinvestasi Reksadana.

Anda bisa memilih Preferensi Syariah ketika ingin membeli reksadana, untuk menghindari keraguan reksadana. Karena ketika memilih reksadana Syariah, secara otomatis akan di arahkan untuk membeli aset – aset berbasis syariah.

Reksadana merupakan jenis investasi dengan modal yang cukup kecil, seperti yang sudah di jelaskan di atas.

Sistem dari investasi Reksadana Syariah yaitu dengan menyimpan uang di bank, yang kemudian uang itu akan dikelola oleh manajer investasi untuk dibelikan saham, obligasi, pasar uang, trading, dll . Manajer Investasi ini merupakan orang yang berpengalaman dibidangnya yang sudah mempunyai sertifikasi khusus, sehingga uang anda akan dikelola langsung oleh manajer investasi.  Jadi jangan takut rugi bermain reksadana.

Reksadana bisa menjadi solusi untuk investor pemula yang ingin memualai terjun ke dunia investasi sebelum terjun ke dunia saham.

Gambar di atas merupakan contoh investasi Saya di Reksadana syariah. Bisa dilihat dalam jangka waktu 1 bulan Saya sudah bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 3.000,- dengan dana investasi sebesar Rp. 170.000,-

Keuntungan setiap harinya bisa berbeda – beda tergantung kondisi pasar,  jika sedang bagus maka keuntungan juga bisa lebih.

Kelebihan dari reksadana adalah bisa dijual kapan saja ketika kita butuh, tidak seperti deposito yang harus menunggu waktu terlebih dahulu. Selain itu apabila menggunakan aplikasi reksadana online yang di android tidak dikenakan biaya sama sekali ketika menjual, terkecuali untuk beberapa perusahaan biasanya terkena admin jika dijual kurang dari 3 bulan.

Tips Berinvestasi di Reksadana

Untuk pemula yang ingin berinvestasi di reksadana bisa mengikuti tips ini berdasarkan pengalaman pribadi.

  1. Download Aplikasi Bibit di playstore untuk memulai investasi, jika ingin mendapatkan bonus reksadana Rp. 50.000, sebelum daftar bisa email ke bisnis@adityarizal.id untuk di beri caranya.
  2. Registrasi, ikuti seperti arahan dari aplikasi
  3. Setelah itu siapkan uang Rp. 150.000,- untuk biaya investasi awal.
  4. Sisihakan uang jajan setiap harinya bebas berapapun juga, yang nantinya 1 minggu 1 x uang itu diinvestasikan ke reksadana (Cara ini saya gunakan dulu ketika berinvestasi reksadana).
  5. Anggap saja uang yang anda simpan saat ini untuk jajan dan lupakan investasi. Akan tetapi untuk investasi reksadana lakukan rutin tiap minggu

Cek beberapa tahun kemudian hasil dari reksadana yang anda tabung dari sekarang.

Reksadana berbeda dengan menabung, walaupun reksadana bisa dibeli dengan biaya rendah.

Karena jika Investasi di reksadana bisa mendapatkan keuntungan dari perkembangan perusahaan yang kita beli.

Foto di atas adalah bukti bahwa Saya membeli reksadana sebesar Rp. 20.000,- karena minimal pembelian reksadana di aplikasi bibit sebesar Rp. 10.000,- tidak ada salahnya anda mencoba investasi reksadana syariah mulai saat ini.

Manfaat Investasi

Jika membahas manfaat tentu banyak sekali, akan tetapi saya akan bahas beberapa saja.

  • Bisa digunakan untuk keperluan masa depan seperti menikah atau membeli rumah
  • Uang yang kita investasikan tidak tergerus inflasi, bahkan bertambah jika kinerja perusahaan bagus
  • Menjadi sebuah Aset yang bisa digunakan ketika dibutuhkan kapan saja

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: