Bisnis di Internet Marketing Yang Patut Dicoba Saat Ini

By

Di artikel kali ini Saya akan membagikan berbagai macam bisnis Internet Marketing di Indonesia yang patut dicoba oleh para pemula yang ingin mencari pundi – pundi dolar di internet.

Bisnis yang akan Saya share kali ini berdasarkan dengan pengalaman pribadi selama terjun kedunia Internet Marketing yang hampir 2 tahun lamanya.

Bangun Brand Nama Sendiri

Sebelum melangkah lebih jauh, langkah awal yang harus dilakukan adalah Branding.

Membangun Nama Brand sendiri sangat penting supaya bisa dikenal lebih banyak orang, tujuan dari Branding ini adalah selain menjadi identitas kita di dunia Internet Marketing juga memudahkan orang mengenal lain mengenal kita dengan Nama tersendiri.

Seperti contoh Branding Nama Saya di Internet Marketing adalah AconkRG, beberapa bisnis Saya menggunakan kata AconkRG  sebagai Branding di Internet.

Contoh :

  1. Di Marketplace : AconkRG_STORE
  2. Di web Jualan   : https://www.aconkrg-store.me
  3. Web Personal   : https://www.kang-aconk.net

Beberapa bisnis Saya menggunakan Nama Branding AconkRG sebagai identitas supaya lebih mudah dikenal oleh orang lain.

Macam – Macam Bisnis Di Internet Marketing

Banyak sekali jenis – jenis bisnis di Internet Marketing, akan tetapi yang akan share kali ini berdasarkan pengalaman pribadi. Sehingga setidaknya bisa memberikan Tips menurut pengalaman Saya.

  1. Semi Dropship

Dropship merupakan bisnis yang sangat populer saat ini di dunia Internet Marketing, sistem kerja dari bisnis Dropship adalah sebagai perantara antara Seller dengan Buyer. Dengan kata lain Dropship adalah suatu metode pemasaran online dimana penjual tidak perlu melakukan kegiatan stok dan pengiriman barang ke pembeli karena kegiatan tersebut dilakukan oleh supplier atau produsen.

Kenapa Saya bilang ini adalah Semi Dropship, Karena teknik ini tidak sepenuhnya seperti Dropship akan tetapi hampir mirip dengan dropship dengan kata lain Semi Dropship.

  • Perbedaan Semi Dropship & Resseler

Semi Dropship hampir sama dengan Resseler hanya saja media yang digunakan berbeda.

Jika resseler pesan barang secara online dan menjualnya secara langsung akan tetapi Semi Dropship menjual barang secara Online hampir sama seperti teknik Dropship tetapi baranngnya langsung kita yang mengirimkan.

  • Perbedaan Dropship & Semi Dropship

Perbedaan dari kedua sistem ini hanya di pengiriman saja, jika teknik dropship barang dikirim secara langsung oleh Supplier akan tetapi di Semi Dropship Barang dikirim langsung kita.

2. Blogger

Bisnis lain yang patut anda coba adalah menjadi seorang Blogger.

Untuk menjadi seorang Blogger terbilang gampang – gampang susah, karena untuk mendapatkan uang kita harus rutin membuat Artikel yang berkualitas.

Tujuan utama dari Blogger adalah mendatangkan Traffik pengujung ke Web kita,  Traffik merupakan suatu hal yang sangat penting. Karena dengan traffik kita bisa mendapatkan uang.

Cara mendapatkan uang di blogger bisa dilakukan dengan memasang iklan seperti Google Adsense, MGID, Chitika, dan masih banyak lainnya.

Menjadi seorang Blogger bisa dilakukan dengan gratis, anda bisa memanfaatkan Blogger.com untuk memulai sebuah tulisan tanpa harus menyewa hosting atau VPS.

Untuk belajar menulis supaya bisa mendatangkan traffik ke web kita, Anda bisa belajar teknik SEO.

SEO merupakan sebuah teknik optimasi mesin pencari seperti Google untuk bisa berada dihalaman depan mesin mencari.

Jika Anda baru terjun ke dunia Blogger dan ingin belajar SEO secara otodidak, Anda bisa membacanya di Omblogging.

Pendapatan Pertama Di Blogger

Hampir 2 tahun lebih AdityaRizal.id mendalami dunia Blogging, untuk bisa mendapatkan gajian pertama dari Google Adsense perlu waktu sekitar 1 tahun lebih.

Waktu tersebut terbilang lama, karena Saya belajar Blogging secara otodidak tanpa pernah mengikuti kursus atau seminar sama sekali.

Bahkan awal – awal memulai Blogging Saya masih menggunakan Hp, sebelum membeli laptop pertama pada saat kuliah.

Iklan pertama yang Saya gunakan ketika terjun ke dunia Blogger adalah AdFly, dulu ketika mendapatkan dollar pertama dari iklan begitu bahagia padahal hanya 0.01$, tapi bahagiannya luar biasa karena bisa mendapatkan uang dari Internet.

3. Youtube

Selain menjadi seorang Blogger anda juga bisa memanfaatkan Youtube untuk mencari tambahan penghasilan di Internet.

Bahkan kini Youtube sudah menjadi sebuah pekerjaan tetap karena penghasilan yang cukup menggiurkan menjadi seorang Youtuber.

Saya pernah mencoba menjadi seorang Youtuber pada saat awal – awal kuliah sekitar tahun 2017, pendapatan perhari cukup menggiurkan dengan subcribe yang masih ratusan. Memulai Youtube hanya dengan bermodalkan HP asus untuk rekaman hingga editing Video.

Algoritma Youtube Saat Ini

Algoritma Youtube saat ini terbilang cukup berat dari pada saat saya memulai youtube di tahun 2016 / 2017.

Dulu ketika ingin mendapatkan iklan tidak ada persyaratan khusus, bahkan dengan 1 videopun sudah bisa mendapatkan iklan. Yang diutamakan ketika dulu adalah mendapatkan viewers sehingga bisa mendapatkan dollar.

Tapi saat ini untuk bisa menayangkan iklan anda harus memenuhi persyaratan dari Youtube yakni

  • 1000 Subcribe
  • 4000 Jam Tayang

Persyaratan yang terbilang cukup berat bila dibandingkan dengan dulu.

Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, karena masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa memenuhi persyaratan tersebut.

Tips Bermain Youtube Untuk Saat Ini

Untuk bermain youtube anda harus mengetahui beberapa tips yang patut dicoba untuk memenuhi Algoritma Youtube saat ini.

  1. Konten harus unik

Konten Video merupakan hal yang sangat penting ketika memulai bermain youtube, Anda harus membuat sebuah planning terlebih dahulu sebelum membuat video.

Ketika membuat Video usahakan mempunyai keunikan tersendiri sehingga mempunyai daya tarik bagi penonton dan mempunyai ciri khas tersendiri.

2. Video Mempunyai Nilai Edukatif

Selain Unik, usahakan juga disetiap Video mempunyai nilai Edukatif.

Karena dengan video yang mempunyai nilai Edukatif, kita juga bisa berbagi pengetahuan yang bermanfaat kepada para viewers.

3. Bebas Copyright

Bebas dari Copyrigt atau menjiplak karya orang lain sangat penting untuk meningkatkan kualitas dari Channel Youtube yang kita kelola.

Jika sudah terkena peringatan Copyright dari Youtube akan sangat sulit mendapatkan penghasilan, Karena kemungkinan besar Channel kita bisa kena Dismonitesisazi dari pihak Youtube yang memungkinkan channel kita akan jarang menampilkan Iklan.

Untuk itu sangat penting sekali menghindari copyright dengan cara tidak mengambil karya orang lain dan memasukannya ke Channel kita.

4. Freelancer

Freelancer bisa menjadi tambahan penghasilan yang cocok di internet, karena waktu yang fleksibel dan bisa dikerjakan dimana saja.

Banyak sekali situs web yang menyediakan pekerjaan Frelancer seperti Projects.co.id, di web tersebut banyak sekali jenis pekerjaan dari mulai programer hingga penulis.

Untuk menjadi seorang Freelanc Anda harus mengetahui terlebih dahulu potensi yang dimiliki di bidang apa, jika mempunyai bakat dibidang menulis Anda bisa membuka jasa menulis artikel.

Anda bisa membuat terlebih dahulu beberapa artikel hasil karya sendiri yang kemudian dikumpulkan dalam sebuah portofolio, yang nantinya jika ada yang tertarik dengan tulisan anda bisa melihat hasil karya di portofolio tersebut.

Kesimpulan

Banyak sekali bisnis di internet yang bisa Anda coba mulai dari Dropship, Blogger, Youtuber hingga Freelancer.

Sebenarnya masih banyak bisnis – bisnis lain di internet yang bisa anda coba, tinggal keaktifan mencari informasi di internet.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: